Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Memperkerjakan Karyawan Penyandang Disabilitas

Tentu saja, pemerintah harus berusaha keras untuk memastikan bahwa semua warga memiliki akses yang sama ke pasar tenaga kerja termasuk para penyandang disabilitas kompasiana. Sebagai pemberi kerja, Anda harus mengetahui ketentuan ini ketika mencari karyawan baru atau ketika membuat keputusan perekrutan dalam organisasi Anda. Mungkin, seringkali paling sulit untuk mengidentifikasi kandidat dengan disabilitas karena mereka seringkali dapat disembunyikan dan kandidat tidak berkewajiban untuk mengungkapkan disabilitas mereka. Namun, seandainya seorang kandidat atau karyawan mengungkapkan kepada Anda bahwa mereka memiliki disabilitas; Anda perlu memastikan bahwa Anda merespons dengan tepat dan dengan baik sehingga Anda bisa mengetahui kemampuan mereka untuk bekerja dan bergabung dengan perusahaan Anda.

Seorang karyawan tidak berkewajiban untuk memberi tahu Anda tentang cacat apa pun. Namun, jika mereka memilih untuk mengungkapkan kondisi yang dapat memengaruhi kinerja keselamatan rekan mereka, Anda perlu meresponsnya. Jika keselamatan karyawan menjadi perhatian (karena penyakit menular, misalnya), Anda perlu memastikan bahwa staf Anda sadar akan hal tersebut. Dengan bentuk lain dari kecacatan, yang terbaik adalah mengamati keinginan privasi karyawan yang bersangkutan. Ketika berhadapan dengan situasi-situasi semacam ini, yang terbaik adalah selalu mendorong komunikasi tertulis untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman yang terjadi dan bahwa semua diskusi semacam itu dapat ditinjau kembali jika perlu.

Pastikan bahwa Anda juga akan menghilangkan diskriminasi. Jika kecacatan tidak memengaruhi keselamatan atau kinerja karyawan lain, merupakan praktik yang baik untuk merahasiakan informasi ini. Terlepas dari upaya terbaik kami untuk tetap adil dan profesional, diskriminasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Tidak perlu dikatakan, Anda tidak ingin mengekspos anggota organisasi Anda secara tidak perlu terhadap segala bentuk diskriminasi.

Selain itu, menyediakan akomodasi untuk pelamar penyandang disabilitas juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Sebagai pemberi kerja, kewajiban Anda adalah mengakomodasi secara wajar dan layak kebutuhan karyawan penyandang cacat untuk memastikan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan mereka tidak hanya dengan baik tetapi juga dengan nyaman. Namun, ini tidak menunjukkan bahwa pengusaha berkewajiban mengubah kondisi dasar pekerjaan. Seorang majikan tidak memiliki kewajiban untuk mengubah kondisi kerja dengan cara yang mendasar untuk mengakomodasi seorang karyawan, tetapi memang memiliki tugas, jika dapat melakukannya tanpa kesulitan yang tidak semestinya, untuk mengatur tempat kerja atau tugas karyawan dengan cara yang memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya.

Dalam hal perekrutan tenaga kerja baru dengan kondisi dimana Anda harus juga mempertimbangkan penyandang disabilitas mungkin membuat Anda dilema. Walau bagaimanapun tujuan utama Anda adalah mencari pekerja yang mempunyai kompetensi, kemampuan, dan pengalaman yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan Anda. Akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan banyak hal sebelum membuat keputusan apakah Anda akan membatasi atau membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mereka yang mempunyai keterbatasan fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *